Resort Belaban

Resort Belaban merupakan salah satu resort yang berada di bawah pengelolaan SPTN Wilayah I Nanga Pinoh Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dan secara administrasi terletak di Desa Belaban Ella, Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi Kalimantan Barat. Secara geografis terletak pada titik koordinat 1120.31’.53,1” Bujur Timur dan 00031’,53.1” Lintang Selatan. Secara aksesibilitas Resort Belaban termasuk kawasan yang relatif mudah dijangkau dan selama ini merupakan salah satu destinasi dalam kunjungan wisata di TNBBBR. Informasi aksessibilitas menuju Resort Belaban disajikan pada Tabel berikut ini.

Potensi obyek dan daya tarik wisata alam yang terdapat di Resort Belaban diantaranya Air Terjun Semungga, Air Terjun Guhung Elang, Jalur Interpretasi KM 37, Camping Ground, Situs Batu Betanam, Situs Pongkal Sedarah, Air Terjun Demang Ehud, Sungai Ella Hulu, dan Site Monitoring Orangutan.

Desain tapak ruang usaha di Resort Belaban berdasarkan pertimbangan kewilayahan, ekologi dan kepariwisataan, luasan ruang usaha total yang dapat direkomendasikan untuk Resort Belaban seluas 196 Ha yang terbagi menjadi 4 (empat) lokasi yang terdapat di sekitar km 28, km 35, km 37, km 39 dan seluruh lokasi berada pada zona pemanfaatan, dengan pengembangan yang memungkinkan di kawasan tersebut antara lain resort terbatas, area berkemah ( glamorous camping ), rumah pohon, arena ketangkasan, wisata tirta (arung jeram), fasilitas outbond , fasilitas trek king , fasiltas pengamatan satwa seperti menara pandang, shelter , canopy trail , dan lainnya yang dikembangkan oleh investor (swasta, kelompok masyarakat) dengan skema pengembangan fasilitas pendukung aktivitas wisata.

 

Resort Mentatai