Pendakian ke Bukit Raya juga dapat ditempuh melalui jalur Tumbang Habangoi, Provinsi Kalimantan Tengah. Desa ini adalah satu-satunya desa di Kecamatan Petak Malai yang menjadi desa penyangga TNBBBR.  Well, Pendakian Bukit Raya melalui Jalur Desa Tumbang Habangoi tentunya akan memberikan sensasi dan tantangan yang berbeda. So, Meet Up at the Summit!! See ya..

Berikut adalah beberapa saran ketika anda akan melakukan pendakian ke Bukit Raya melalui jalur Tumbang Habangoi.

  1. Palangkaraya - Kantor SPTN II memakai mobil travel. Lama perjalanan 1 jam. Di kantor SPTN II pendaki tanda tangan surat SIMAKSI terlebih dahulu. Perjalanan dilanjutkan menuju Desa Tumbang Habangoi masih memakai mobil travel, memakan waktu 6-7 jam. Biaya travel Palangkaraya - Desa Tumbang Habangoi 2 juta sekali jalan, PP 4 juta. Di perjalanan pengunjung biasa makan di warung di daerah Dahien Tunggal.
  2. Di Desa Tumbang Habangoi menginap di mess desa per hari 50 ribu per orang, untuk makan 35 ribu per orang sekali makan. Dari Desa Tumbang Habangoi perjalanan dilanjutkan menuju Camping Ground Dahie memakai perahu ces, 1 ces muat untuk 4 orang (2 org motoris sekaligus porter, 2 org pengunjung). Biaya 2.8 jt@ 1 ces PP. Lama perjalanan 2 hari. Di perjalanan biasa ngecamp di pinggir sungai di luar kawasan TNBBBR. Pemilihan perahu ces dan porter ganti-gantian, tergantung musyawarah warga desa Habangoi. Biaya porter per hari 150 ribu. Dari Camping Ground Dahie selanjutnya perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki menuju ke puncak Bukit Raya.