Desa Rantau Malam menjadi pintu masuk pendakian ke Bukit Raya melalui jalur Provinsi Kalimantan Barat. Desa ini adalah desa paling ujung di hulu Sungai Serawai Dalam. Kalian tidak perlu khawatir jika ingin mendaki Ke Bukit Raya melalui Desa Rantau Malam, karena fasilitas porter, transportasi dan homestay sudah tersedia. So, here are some suggestions that you need before hiking to Bukit Raya. Let’s find out! Go..go..

  • Transportasi : Jalur Darat : dari Pontianak menuju Nanga Pinoh dengan menggunakan Bis (Damri, Borneo Trans, dan TSM). Biaya Rp. 150.000 – Rp. 210.000,-. Jadwal Keberangkatan bis pada malam hari pukul: 19.00 – 04.00 WIB. Jalur Udara: dari Bandara Supadio, Pontianak menggunakan Pesawat  Wings pukul 07.20 – 08.00 WIB atau NAM AIR pukul 11.50 – 12.30 WIB mendarat di Bandara Tebelian, Sintang. Kemudian dilanjutkan dengan taksi menuju nanga pinoh dengan biaya: Rp. 100.000,-
  • Dari Nanga Pinoh dilanjutkan dengan transportasi speed boat menuju Nanga Serawai. Biaya Rp. 250.000/ org atau Rp. 3.000.000 charter. Jadwal Keberangkatan pukul 09.00 – 13.00 WIB. Kapasitas speed boat maksimal 6 orang.
  • Setelah sampai di Nanga Serawai, perjalanan dilanjutkan kembali menggunakan perahu kelotok/ long boat dari Kelompok Transportasi Topakai Juoi selama 6 - 7 jam dengan kapasitas beban angkut pengunjung adalah 6 orang. Tim Pendaki sudah harus berada di Nanga Serawai minimal pukul 13.30 WIB. Jika kedatangan melewati dari jam tersebut, maka diwajibkan untuk menginap semalam di Nanga Serawai dan perjalanan dilanjutkan esok harinya lagi. Biaya transportasi kelotok/ longboat adalah Rp. 2.500.000,- PP.
  • Selama perjalanan dari Nanga Serawai, pengunjung akan disuguhi view kondisi dan aktivitas masyarakat yang tinggal di desa sepanjang Sungai Jelundung. Siapkan kameramu, ya.
  • Memasuki persimpangan antara Sungai Serawai dan Sungai Jelundung, hari sudah malam dan arus sungai lebih deras. Jadi, pengunjung harus lebih berhati-hati.
  • Memasuki Desa Rantau Malam, Pengunjung akan menginap di Homestay Kelompok Danum Sorio dengan kapasitas pengunjung maksimal 6 orang/ rumah dan biaya Rp. 25.000/org/malam. Jumlah homestay yang tersedia sebanyak 9 unit.
  • Ritual adat Nyukuih Hajat sebelum melakukan kegiatan pendakian Bukit Raya. Biaya Rp. 200.000. Pleaksanaan ritual nyukuih hajat membutuhkan seekor ayam. Harga satu kilogram ayam adalah Rp. 80.000.
  • Esok harinya, perjalanan pendakian dimulai pukul 08.00 WIB. Biasanya pengunjung menggunakan jasa ojek ke Korong Hape dengan waktu tempuh ± 30 menit atau jika tidak ada ojek ditempuh dengan jalan kaki selama ± 2,5 jam. Selanjutnya perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki menuju ke puncak Bukit Raya.
  • Hal-hal lain bisa ditanyakan kepada pemandumu. TIPS: Siapkan topi, baju lengan panjang dan tutup kepala agar terhindar dari sengatan terik matahari sepanjang perjalanan Serawai – Rantau Malam.