Mengamati herpetofauna atau herping membutuhkan nyali yang besar, karena selain kegiatan pengamatan sebagian besar dilakukan di malam hari, jenis yang diamati juga meliputi golongan reptil yang berbisa. Bagi Sobat yang ingin melakukan kegiatan herping, TNBBBR merupakan tempat yang sangat direkomendasikan.

TNBBBR memiliki 112 jenis herpetofauna. Terdiri dari 59 jenis amfibi dan 53 jenis reptil. Beberapa jenis yang menjadi favorit untuk diamati seperti: katak kepala pipih (Barbourula kalimantanensis) jenis katak yang tidak memiliki paru-paru dan hidup sepenuhnya akuatik, katak tanpa timpanum luar (Alcalus rajae), kodok kerdil dataran rendah(Pelophryne rhopophilia) yang merupakan endemik Kalimantan, ular cabai merah (Calliophis bivirgata) dan ular wagleri (Tropidolaemus wagleri) yang memiliki warna menarik.

Spot yang menarik untuk kegiatan herping adalah di sekitar camping ground obyek wisata alam Belaban, jalur pendakian Bukit Raya, serta sepanjang jalur sungai yang terdapat di kawasan TNBBBR.

Leave a Reply

Please rate*

Your email address will not be published. Required fields are marked *